Senin, 09 April 2012

PRIVATISASI PERUSAHAAN

Cases :
Anda seorang eksekutif perusahaan milik negara yang baru saja dinasionalisasi dengan menjual sahamnya kepada karyawan perusahaan tersebut. Sebelum keputusan tentang kebijakan perusahaan dikeluarkan, harus diperoleh persetujuan dari pemerintah terlebih dahulu. Bagaimanakah upah gaji karyawan, apakah disesuaikan dengan gaji pegawai negeri dan tidak diberi intensif? Pemeliharaan pabrik dan peralatan sangat buruk. Kerusakan mesin sering terjadi dan biaya perbaikannya mahal. Beban utilitas tinggi.
Agar privatisasi tersebut berjalan dengan sukses, berikan saran dan program yang akan Anda lakukan!

Privatisasi Perusahaan merupakan proses pengalihan kepemilikan dari milik umum menjadi milik pribadi. Dan lawan dari privatisasi adalah nasionalisasi.
Disini kita dihadapkan dengan masalah mengenai hal - hal yang akan kita lakukan setelah perusahaan kita telah melakukan privatisasi, entah masalah upah dan gaji, pemeliharaan dan peralatan, beban utilitas yang tinggi. Bagaimana cara kita agar privatisasi dapat berjalan dengan sukses.
Yang pertama mengenai upah dan gaji karyawan, menurut saya upah dan gaji karyawan tidak perlu disesuaikan dengan gaji pegawai negeri, hanya harus memenuhi UMR. Karena setelah melakukan privatisasi, perusahaan tersebut tidak lagi 100% milik negara lagi, melainkan milik swasta. Mengenai Intensif, sebaiknya hanya diberikan kepada karyawan yang kinerjanya memuaskan saja, karena hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi karyawan lain untuk bekerja lebih baik lagi untuk memperoleh intensif dari perusahaan. Jadi para karyawan akan dapat berlomba memberikan yang terbaik untuk perusahaan serta dapat memperoleh timbal balik antara perusahaan dengan karyawan tersebut. Untuk masalah pemeliharaan pabrik dan peralatan yang buruk tentunya juga harus diutamakan, karena kinerja karyawan tidak akan dapat berjalan secara maksimal apabila mesin - mesin diperusahaan tersebut buruk sekali. Hal tersebut juga dapat menjadi ancaman keselamatan bagi karyawan yang bekerja disana. Mungkin sebaiknya mesin - mesin yang masi bisa diperbaiki dapat diperbaiki dengan baik, dan yang sudah tidak dapat diperbaiki dapat diganti yang baru. Memang benar biaya - biaya tersebut sangat mahal, namun dengan mesin - mesin yang mendukung di perusahaan, pastinya kinerja karyawan akan dapat maksimal, dan kita dapat menjaga keselamatan para karyawan yang bekerja dengan mesin tersebut. Dan apabila hal tersebut dapat dilakukan dengan baik, maka perusahaan pun juga akan mendapatkan peningkatan keuntungan, sehingga tidak perlu khawatir dengan biaya - biaya yang telah dikeluarkan persuahaan tersebut untuk pemeliharaan dan perbaikan mesin.
Menurut saya, apabila hal diatas dapat dilakukan, maka perusahaan tersebut akan dapat berkembang dengan baik. Karena perkembangan perusahaan sangat ditentukan oleh pemimpin, karyawan, dan alat - alat yang menunjang kinerja di perusahaan tersebut.
Oleh karena itu, para karyawan yang bekerja diperusahaan tersebut harus kita "manjakan" ( adanya penghargaan, intensif lebih, jaminan kesehatan, dll) supaya karyawan dapat loyal dan dapat bekerja secara maksimal untuk perusahaan. Alat - alat yang ada diperusahaan pun harus dapat berfungsi dengan baik, guna menunjang perkerjaan karyawan.
Terima Kasih., Semoga dapat bermanfaat. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar